Header AD

DomaiNesia

Mitos Unik dan Aneh yang Cuma Ada di Indonesia


Mitos Unik dan Aneh yang Cuma Ada di IndonesiaDulu banget waktu kamu masih kecil, pasti kamu sering banget dengar orangtuamu mengatakan hal yang aneh di telingamu. Mitosnya macam-macam, bahkan bikin kamu kepikiran sampai besar. Entah dimulai sejak kapan, namun hal-hal tersebut cukup menancap bahkan dipercaya. 

Mungkin mitos dan pamali terkesan ngawur, tapi kalau diperhatikan baik-baik, hampir ke semuanya mengandung arti bahkan bisa dibuktikan dengan logika. Aneh ya, tapi memang seperti inilah faktanya

1. Jangan menyapu malam hari

Kata mitos nanti rezekinya hilang atau sama dengan membuang rezeki. Padahal hal ini bisa dikatakan karena zaman dulu itu masih belum ada listrik dan masih pakai lampu minyak, sehingga menyapu di malam hari dikhawatirkan akan membawa barang berharga ikut tersapu juga.

2. Jangan duduk di depan pintu

Bagi bakal sulit jodoh. Entah sejak kapan, tapi mitos ini selalu ditekankan pada anak-anak. Tapi namanya masih bocah, masuk teliga kiri, keluar telinga kanan. Alhasil saat ketahuan, sering kuping ini yang jadi tumbal.
Belum lagi kalau kamu menghabiskan waktu duduk saja, maka kamu akan dianggap sebagai pemalas. Kalau sudah malas maka kamu tak akan mendapatkan pengalaman dalam hidup dan benar saja, jodohmu akan benar-benar menjauh dan seret. Apalagi kalau kamu sedang duduk bengong di depan pintu tiba-tiba sang calon mertua idaman lewat, pasti kecewa berat dan enggan punya menantu yang suka nongkrong di depan pintu

3. Duduk di atas bantal

Ini yang paling sering terjadi ketika bantal di rumah dijadikan mainan oleh anak. Tidak ada yang bisa melarangnya untuk melakukan hal itu kecuali dengan menakut-nakutinya.
Duduk di atas bantal akan mengakibatkan bisulan, dan ini yang selalu dikatakan oleh orang tua. Pertanyaannya, kenapa yang dipilih harus bisul, bukan penyakit lain saja?

4. Jangan Bangun Kesiangan, Rejekinya Bisa Dipatuk Ayam

Faktanya adalah orang yang bangun kesiangan akan terlambat pula berangkat bekerja, sehingga bisa kehilangan rejeki.
Mitos bangun siang ini dipercaya sejak dulu banget, dan orang Indonesia yakin jika bangun lebih awal, lebih punya banyak waktu untuk mencari rezeki.
Nah bandingan kalau Anda tiap hari bangun kesiangan…bangun-telat

5. Menyapu Bersih Biar Suami Tak Brewok

Salah satu tugas yang harus dilakukan hampir setiap anak perempuan di Indonesia adalah menyapu rumah. Namun ada kalanya beberapa anak perempuan melakukannya dengan terburu-buru sehingga pekerjaan menyapu itu menjadi kurang bersih. Nah, untuk itulah seorang ibu akan mengucapkan 'Kalau menyapu tidak bersih, nanti dapat suami brewokan.
Memang sih susah menemukan hubungan antara suami brewokan dan tak bersih saat menyapu. Hanya saja karena orang-orang jaman dulu menilai jika pria brewokan lekat dengan imej pria penjahat atau kriminal, maka para gadis memilih bersih saat menyapu daripada mendapatkan suami bukan pria baik-baik.

6. Bersiul Bisa Panggil Setan

Pernah dengar nggak orang-orang tua berkata 'Hust, nggak boleh bersiul di malam hari. Nanti bisa panggil setan!' Jelas saja ketika kamu disodori kalimat seperti itu, maka akan banyak orang yang memilih untuk enggan bersiul. Sejatinya mitos ini belum terbukti benar atau tidak. Namun kalau kamu nekat bersiul saat malam hari, bisa saja mengganggu orang lain.
7. Main Maghrib Diculik Wewe Gombel

Jauh sebelum yang namanya HP, game online, TV dan konsol game merajalela seperti sekarang, anak-anak kecil zaman dulu punya kesibukan tersendiri. Yap, usai pulang sekolah dan makan, mereka pasti akan menghabiskan waktu sesiangan sampai sore dengan teman-temannya. Lalu ketika Maghrib datang, mereka pasti akan langsung pulang karena ingat pada pesan orangtua, 'Jangan main di luar waktu Maghrib. Anak kecil yang nggak nurut nanti bakal diculik Wewe Gombel!'.
Sejatinya sih mitos mengenai hantu Wewe Gombel sudah lama ada yakni itu adalah hantu yang suka mengambil anak kecil. Namun mitos ini sebetulnya adalah sebuah pendisiplinan waktu untuk anak kecil. Di mana Maghrib yang merupakan pergantian siang ke malam adalah momen mereka sudah ada di rumah usai beraktivitas seharian supaya bisa istirahat tenang.

8. Mandi Malam Jadi Rematik

Ada mitos yang dipercaya banyak orang di Indonesia bahwa kalau sering mandi di malam hari bisa menyebabkan rematik. Ternyata, mitos itu bisa dijelaskan secara ilmu pengetahuan lho. Karena mandi malam memang bisa membuat tulang sendi menjadi nyeri. Semua disebabkan lantaran hawa malam bisa menghambat suplai oksigen ke dalam tulang sehingga bisa terjadi penyempitan dan menimbulkan nyeri.

9. Jangan Berbaju Hijau ke Pantai

Bermain ke pantai adalah hal yang menyenangkan. Namun ada sebuah mitos yang dipercaya banyak orang yakni jangan mengenakan baju berwarna hijau ke pantai karena nanti kamu bakalan ditarik oleh 'penguasa Laut Selatan', Nyi Roro Kidul. Apakah itu benar?
Hmm, sejatinya, dari kejauhan air laut selatan pulau Jawa itu memiliki warna yang biru kehijauan. Sehingga kalau ada orang yang tenggelam dengan baju berwarna hijau, maka tim penyelamat akan sulit menemukan sehingga bisa-bisa jasadnya baru ditemukan beberapa hari kemudian. Nah lho, apakah kamu percaya dengan mitos ini?
Mitos Unik dan Aneh yang Cuma Ada di Indonesia Mitos Unik dan Aneh yang Cuma Ada di Indonesia Reviewed by Admin on Januari 03, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD

home ads